26/04/2018
Selasa, 22 Januari 2013 | 09:36
market - antara

DIY Targetkan 5.000 Investor Lokal 2013

DIY Targetkan 5.000 Investor Lokal 2013
Ilustrasi/ANTARA

Yogyakarta, investorpialang.com - Pusat Informasi Pasar Modal Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis untuk menargetkan sekitar 5.000 investor lokal di daerah setempat hingga pertengahan 2013.

"Sekitar 5.000 investor lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga pertengahan tahun ini optimistis kami targetkan karena pertumbuhan iklim perekonomian Indonesia perlahan membaik," kata Kepala Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) DIY, Irfan Noor Riza di Yogyakarta, Senin.

Jumlah tersebut, kata dia, akan meningkat 5,53 persen dari 2012 yang telah tercatat sekitar 4.738 investor lokal.

Irfan mengatakan, keyakinan untuk mendapatkan peningkatan pada tahun ini antara lain terdorong oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksikan membaik tahun ini.

Bahkan, kata dia, tahun ini pertumbuhan ekonomi tersebut menempatkan Indonesia pada urutan ke-tiga negara-negara di Asia setelah India dan China.

"Ini (pertumbuhan ekonomi Indonesia) yang membuat kami optimistis bahwa pasar modal Indonesia juga akan semakin terdorong tumbuh," katanya.

Dengan efek pertumbuhan tersebut, kata dia, bahkan tahun ini investor asing sangat tertarik dan mulai masuk ke Bursa Indonesia.

Dia mengatakan saat ini tercatat sekitar Rp2,5 triliun dana asing masuk ke Bursa Indonesia dalam medio 2 hingga 9 Januari 2013.

Dengan investor asing masuk dan melakukan "net buy" maka cenderung membuat harga saham naik serta Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) akan semakin tumbuh sehingga dimungkinkan untuk menarik minat investor lokal baru untuk masuk bursa.

"Kami berharap ini selalu menjadi sentimen positif bagi investor lokal sehingga dapat selalu terdorong bertumbuh," katanya.

Namun demikian, kata dia, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat khususnya di DIY terkait mekanisme investasi yang benar harus tetap digalakkan.

"Tidak ada kata cukup untuk mensosialisasikan cara investasi yang benar sebab hingga saat ini masih banyak penipuan berkedok investasi," katanya.

Dia mengatakan, dalam upaya menjaga animo investasi masyarakat tersebut, kata dia, PIPM DIY juga melakukan sosialisasi berkelanjutan bagi masyarakat yang telah menjadi investor melalui "Investor Gathering".

"Karena memang investasi saat ini telah menjadi suatu kebutuhan iklim investasi masyarakat maka perlu kami jaga melalui "investor gathering" atau forum investor," katanya. (ANTARA)

Dibaca : 757 kali