26/04/2018
Jumat, 02 Nopember 2012 | 10:43
market - antara

BEI: Investasi Pasar Modal Alternatif Masyarakat

BEI: Investasi Pasar Modal Alternatif Masyarakat
Gedung BEI/Investor&Pialang

Investor&Pialang, Gorontalo - Pihak Bursa Efek Indonesia (PT. BEI) menilai investasi pasar modal memiliki masa depan yang cukup menjanjikan dan dapat menjadi alternatif yang dipilih masyarakat Indonesia.

Investasi pasar modal sudah bisa dijadikan alternatif bagi masyarakat, dibanding harus melakukan investasi kekayaan riil, seperti tanah, bangunan yang resikonya lebih besar," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan BEI, Irmawaty Amran di Gorontalo, Kamis.

Dia mengatakan, selama ini mayoritas masyarakat Indonesia masih 'alergi' apabila mendengar kata 'saham' dan 'pasar modal', padahal jenis investasi ini tidak kalah menjanjikan.

"Jika bicara soal resiko, investasi jenis apapun bisa beresiko, namun kuncinya kita harus tahu dan mengusai apa dan bagaimana sistem dalam pasar modal," kata dia, dalam pelatihan pasar modal untuk wartawan se Gorontalo itu.

Dia mengatakan, pasar modal memiliki peran besar di suatu negara, karena menjalankan dua fungsi sekaligus, yakni ekonomi dan keuangan, karena sifatnya yang mempertemukan dua kepentingan, yakni pihak yang kelebihan dana dan yang membutuhkan dana.

Indonesia sendiri menurutnya, memiliki potensi investor lokal yang cukup besar, dengan jumlah penduduk lebih dari 230 juta jiwa dan produk domestik yang meningkat sebesar 33,3 persen dalam tiga tahun terakhir.

Makin banyak masyarakat yang tertarik berinvestasi di pasar modal, maka makin kuat juga basis investor lokal dan pasar modal di Indonesia.

Dalam pelatihan yang diikuti sekitar 30 wartawan itu, pihak BEI juga memberikan pengetahuan dasar, trik dan tips bagaimana memulai investasi di pasar modal.

Di Gorontalo sendiri, katanya lagi, masyarakat yang tertarik dengan jenis investasi ini, bisa berkonsultasi dan mempelajarinya di pojok BEI yang berada di Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Negeri Gorontalo. (ANTARA)

Dibaca : 1615 kali